Bagaimana Caranya Ibu Rumah Tangga Bisa Berpenghasilan Dari Blog?


Bagaimana caranya bisa dapat uang dari blog?

Tanya seorang teman dari dunia maya yang belum pernah saya temui. Setelah membaca status saya di sosial media, teman saya mulai kepo. Sebagai sesama ibu rumah tangga, wajar saja kalau dia penasaran dengan apa yang saya lakukan dengan blog saya sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Awalnya saya tidak pernah menyangka bisa mengandalkan blog sebagai penghasilan utama selama setahun terakhir. Saya tidak mau menyebutkan jumlah digitnya karena takut dianggap pamer, yang pasti saya bisa menabung dan membeli bedak plus lipen lah, wkwkwkw.

Sebagai ibu rumah tangga yang tentu saja tak lepas dari pekerjaan domestic, bisa mandiri secara finansial adalah sesuatu yang patut disyukuri. Itu berarti resolusi yang pernah saya tulis disini tercapai (meski tidak 100%, hehehe).

Saat memutuskan untuk resign, saya berharap penghasilan utama saya berasal dari toko alat tulis yang saya miliki. Tapi Allah berkehendak lain, rezeki mengalir dari pekerjaan online saya. Sebenarnya bukan cuma dari blog sih, ya dari buzzer, influencer, ataupun freelance writer.

Tapi ya alhamdulillah dari blog ini ada aja job atau penghasilan yang saya dapatkan. Lalu, gimana ya caranya agar saya bisa mengandalkan blog sebagai penghasilan utama?

1. Menulis Konten Organik


Untuk mengandalkan blog sebagai penghasilan utama, yang perlu teman-teman lakukan adalah menulis konten organik. Ya, itulah yang sering saya lakukan saat awal ngeblog. Malah sekarang tulisan lama saya yang nongol di page one google. Entah kebetulan atau gimana soalnya pas nulis itu saya nggak paham tentang SEO.

Tulisan organik bisa menarik lebih banyak pengunjung daripada tulisan yang mengandung sponsor. Kenapa ya? Mungkin karena konten organik nulisnya pakai hati dan nggak mikir bayaran, wkwkwk.

Kalau teman-teman yang baru punya blog udah berharap dapat sponsor post, lari aja ke hutan terus nyemplung ke laut deh. Nulis aja dulu dan jangan terlalu berharap penghasilan. Syukur-syukur deh tulisan kalian bisa nongol di page one google.

2. Menulis Review


Selain menulis konten organik, teman-teman juga bisa lho berpenghasilan dari menulis review atau ulasan. Bahkan sampai ada nih training online menulis ulasan produk. Terus, ada yang ikut? Buanyak! Mayoritas pesertanya adalah narablog untuk menambah pengetahuan "cara menulis I yang bagus" sehingga blog kita dilirik brand.

Tapi, banyak juga narablog yang menulis ulasan produk dengan sukarela tanpa minta imbalan apapun. Misalnya aja beauty blogger yang sering menulis alat-alat kecantikan, tak jarang juga mereka dibayar dengan rate yang "wow" lho karena sudah lihai.

Untuk narablog baru bisa juga meraih banyak pengunjung dari sebuah review produk, seperti tulisan saya tentang Wardah Shampo Anti Ketombe yang sempat berada di page one google salama satu tahun, hehehe. Kalau sekarang ada tulisan Rumah Sakit Hermina Malang yang di page one.

Nggak hanya ulasan produk, teman-teman narablog juga bisa kok mengulas kuliner atau tempat wisata. Jangan hanya karena dibayar, teman-teman mau menulis review karena pengalaman adalah guru terbaik, semakin sering menulis review maka kualitas tulisan kalian akan semakin bagus.

3. Menerima Content Placement


Setelah tulisan teman-teman ada yang nyantol di page one google, baru deh berburu job (bukan syarat utama sih, hehehe). Caranya? Ada banyak jalan menuju Roma, begitu juga buat dapetin job untuk blogmu. Mulai dari hunting di grup-grup facebook tentang job blogger seperti SMSC, BP Network, Emak-emak Bloger, dan masih banyak lagi.

Saran saya sih kalau kalian mau gabung dengan grup-grup blogger, alasan utama jangan cari job laah... lebih sopan dikit kek, misalnya memperluas jaringan atau silaturahmi. Nah, silaturahmi itu kan bisa memperluas jalan rezeki juga. Setuju man-teman?

Content placement (CP) juga salah satu job yang sering saya terima. Content placement adalah penempatan sebuah konten di blog, dimana konten tersebut ditulis oleh pihak lain. Seperti tulisan Tips Memilih Meja Kantor yang Unggul di blog saya ini adalah contoh content placement yang sudah saya edit sesuai dengan gaya tulisan saya.

Berapa fee yang biasanya saya terima untuk satu CP? Macam-macam ya, kisaran 200rb - 600rb, alhamdulillah. Biasanya sih teman-teman narablog punya rate (harga) masing-masing dan berbeda-beda tiap blogger. Kadang juga ditentukan berdasarkan DA-PA, meskipun bukan jaminan, karena ada juga brand yang memilih blogger karena kualitas tulisannya.

*yang belum tahu DA-PA itu apa bisa tanya mbah gugel ya 😁

4. Menerima Sponsor Post


Selain content placement, pendapatan saya dari blog biasanya saya dapatkan dari sponsor post. Apa itu? Berbeda dengan content placement yang kontennya disediakan oleh brand, sponsor post ini kontennya ditulis oleh pemilik blog (bisa bebas, bisa sesuai permintaan brand). Kemudian dalam konten tersebut, narablog diharuskan memasang satu atau lebih link eksternal yang mengarah ke website brand tersebut.

Saya sih lebih suka dapat sponsor post daripada content placement karena kontennya sesuai dengan keinginan saya. Lha kalau content placement itu kadang isinya/kontennya kurang memuaskan dan kurang sesuai dengan gaya tulisan blog saya.

Memang sih, content placement tuh pas banget kalau saya lagi sibuk, tinggal posting kan ya. Tapi pernah juga saya dapat content placement yang isinya "enggak banget" 😖 Sejak itu saya nggak pernah langsung posting dan selalu saya edit dulu. Nggak pernah lagi posting mentahan.

Oiya, kalau contoh sponsor post itu yang seperti apa bisa dibaca di tulisan saya Tips Traveling Bersama Anak Anti Ribet dan Hemat

5. Menulis Pengalaman Traveling


Emak-emak mana yang nggak suka traveling? Saya salah satu dari emak-emak milenial yang juga suka traveling. Pengalaman traveling ternyata bisa lho ditulis di blog dan berpotensi mendapatkan penghasilan.

Bahkan banyak lho traveler blogger yang bisa traveling gratis (sampai ke luar negeri). Kok bisa gratis? Iya karena akomodasi ditanggung pihak agensi traveling. Wow, seru ya! Seru banget tapi ya ada syaratya. Salah satunya adalah harus sering-sering nulis pengalaman traveling dan punya banyak pengunjung.

Banyak kok brand yang menawarkan sponsor post dengan tulisan traveling, seperti traveloka, Pegipegi, lalaway, dll. Pokoknya nggak ada ruginya deh nulis traveling di blog, selain mengasah kemampuan menulis juga mengumpulkan portofolio kan?

6. Menulis Pengalaman Kuliner


Satu lagi tema yang paling mudah untuk ditulis di blog yaitu pengalaman kuliner. Nggak ada salahnya lho setiap selesai makan di warung kita menuliskan ulasannya di blog. Emang bisa dapat uang? Bisa dong. Banyak juga brand yang mencari blog yang ada konten kulinernya. Nah, semakin sering teman-teman mengulas kuliner, maka semakin bagus juga kontennya.

Ada juga beberapa job yang tidak dibayar dengan uang melainkan dengan produk makanan misalnya Ayam Suwir Baraci dan De Koffie yang pernah saya tulis ini. Saya tertarik dengan produknya jadi nggak dibayar pun gak papa.

Itu dia cara saya, seorang ibu rumah tangga, bisa berpenghasilan melalui blog. Tentu saja tidak langsung 'ujug-ujug' dapat job ya. Meskipun hasilnya alhamdulillah, saya pun tidak mau mengandalkannya. Hasil dari ngeblog saya tabung dalam bentuk alat tulis yang kemudian saya jual di toko.

Insyaallah hasil tak akan pernah menghianati usaha. Kalau teman-teman hobi membaca dan menulis, saya sarankan menuliskannya di blog. Kalaupun tidak menghasilkan, paling tidak ada kenang-kenangan yang bermanfaat yang bisa kita tinggalkan untuk anak cucu kita.

Doa saya sih semoga blog saya bisa bermanfaat sampai kapanpun untuk setiap pembacanya. Amiin

Teman-teman punya pengalaman sebagai ibu rumah tangga dengan hobi yang menghasilkan? Share yuk di kolom komentar!

Post a Comment

24 Comments

  1. Wah mbak, udah lama aku nyari artikel yg bahas soal ini tapi yg bener2 dari pengalaman sendiri. Makasih banget lho mbaaaak... Bakal kucetak & kutempel di meja kerjaku hihihi

    Sebenernya udah dr setahun belakangan ini aku & pak suami mikir pingin punya blog personal (bukan website jualan/bisnis dll). Tp berhubung masih terbentur di fokus "cari uang", belum sempet kami realisasikan (maklum, kami berdua kerjanya freelance).

    Ntar coba artikel ini kutunjukin ke pak suami, dia pasti seneng banget... :D

    ReplyDelete
  2. Mbak Eni mah emang top markotop dah, saluuut. Alhamdulillah, blogku juga mulai menghasilkan, walau masih receh. Harus terus belajar dari mastah-mastahnya JA

    ReplyDelete
  3. Aamiin..semoga blognya makin cetar dan bermanfaat bagi sesama ya Mbak Eni..
    Oh ya selain yang di atas saya juga mengisi blog dengan tulisan reportase event yang saya hadiri dan lomba blog yang saya ikuti

    ReplyDelete
  4. Bagus banget artikelnya mbak, ini sesuai dengan saya yang masih blogger pemula. Jadi intinya, niatkan untuk nulis saja dulu ya, soal rezeki itu pasti menyusul. Jadi, nambah wawasan nih!

    ReplyDelete
  5. Yap betul semua bun & Alhamdulillah aku sudah pernah merasakan semua serta menulis ttg hal tsb hehe. Tinggal nulis lomba blog aja yg belum
    Hihi. Masih cemen ini heu ~

    ReplyDelete
  6. Aw aw aw... Mak Eni buka-bukaan soal kran penghasilan blogger. Gawats kalo emak-emak banyak yang baca, eh gak juga sih malah bagus bisa menginspirasi dan membantu emak lain mendpt penghasilan dr rumah

    ReplyDelete
  7. Aku sendiri mulai mendapat penghasilan dari blog baru setahun terakhir ini. Job pertama emang akhir 2017 tapi nilainya ya masih kuecil. Justru kalau ditotal lebih banyak yang dari hadiah lomba. Ya pokoknya diyukuri saja, sambil berusaha mencari sumber-sumber yang lain.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih mbak artikelnya menjawab beberapa pertanyaan yang aq miliki...

    ReplyDelete
  9. Mba Eni mah, salah satu blogger yang selalu full job euy, mantab. Selain ngejob, juga rajin dateng event. Salut aku mah. Tulisannya gak ada habisnya. Hehe... sukses terus ya mbaa

    ReplyDelete
  10. Wuih Mantap jiwa mbak. Saya pun masih merintis. Hehee kudu banyakin konten organik dl. Tapi kemarin dpt job SP pertama wih seneng banget. Ga perlu kemana mana cukup nulis aja sesuai brief, dpt transfEran. Masya Allah Alhamdulillah

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah semua pernah dilakukan hehe. Tapi yang sponsored semakin banyak ikutan semakin ngejelimed bun hehe curcol. Aduh aku agak kesindir gabung grup blogger biar dapet job wkwkw

    ReplyDelete
  12. nge
    Blog itu memang asyik ya mbak, saya yang tadinya iseng jadi ketagihan. Walaupun blog saya belum banyak menghasilkan, baru recehan. Tapi tetap bersyukur. Karena apa yang saya dapatkan hari ini, sudah jauh melampaui apa yang saya inginkan dulu. Hehe.. Saya banyak belajar dari bunda eni. Makasih ilmunyavya mbak

    ReplyDelete
  13. Mbak Eni memang selalu menginspirasi deh. Gara-gara baca artikel ini saya jadi semangat buat fokus nulis lagi. Makacih buuund

    ReplyDelete
  14. Syuka infonya mba...detil jadi dpt ilmu lgi deh saya. Bisa bedakan mana content placement, tulisan organik, sponsor post dll...doaian ya mg bisa konsisten menulis. Mkasih ya sharingny mb

    ReplyDelete
  15. Memang asyik ya, kalau hobi bisa menghasilkan. Jd tidak merasa beban, menulis yg ingin kita tulis. Awalnya jgn terlalu berharap dpt job. Ikuti saja prosesnya.

    ReplyDelete
  16. Wow artikelnya udah beberapa yang di page one google, keren mbak. Alhamdulillah ya mbak, banyak cara ngasilin duit dari blog, meski memang gak bs ujug ujug. Berproses dulu. Bener juga, kalopun hasil rupiah gak maksimal, paling gak ada yang diwariskan ke anak cucu:)

    ReplyDelete
  17. Sejak saya gabung di dunia blogger 3 tahun terakhir ini, bersyukur banget makin luas pengalaman menulis, pengalaman ilmu, dan pengalaman mengenal banyak orang. Soal penghasilan juga, kalau dikumpulin, lebih dari gaji bulanan UMR suami saya kali 😆.

    ReplyDelete
  18. Wah mbak. Nice info. Dulu aku pernah nulis konten lomba SEO yg berada d urutan buntut.. eh skrg udh d page 1.. lhaa coba dari dulu2 kek ����. Tp aku blm pasang iklan or dapet job menulis siih

    ReplyDelete
  19. Uw uw. Mantaffff bgt ni mna ulasannya, apalagi buat aku yg br bs nya cm nulis aja... Blom ada apa"nya wk wk... Liat pengalaman dn list jobnya bikin ngiri deh....😁😁

    ReplyDelete
  20. kalo aku ntr resign dr kantor, rasa2nya pgn mulai membuat blogku jd sumber penghasilan :). tp ga sekarang lah. beberapa kali dpt tawaran untuk menulis sponsor post, tp dengan berat hati aku tolak, krn memang blm mau .

    tp aku selalu pelajarin blog2 nya temen yg aku tahu sering menerima CP ato SP, supaya nanti ngerti gmn cara menuliskan SP yg bagus dan halus. ga berkesan iklan banget :D.

    ReplyDelete
  21. Entah blog saya belum juga dilirik sama brand manapun hehe karena memang isi blognya lebih ke seputar rumah tangga kalaupun iya ada review tentang produk yang memang saya pakai sendiri.

    ReplyDelete
  22. Aamiin. Semoga sukses dan berkah blognya. Duh, salut aku, selalu ada ide buat nulis ya mba.

    ReplyDelete
  23. waww artikelnya masuk di page one, keren! kalo buat aku tantangannya untuk rutin tulis artikel organik, mbak. cari bahan sih gampang, cuma kadang kesibukan membuat menulis jadi nomor kesekian huhu... harus lebih disiplin pokoknya!

    ReplyDelete