Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Simple dengan Mixer Cosmos CM-1579

Buka puasa pakai menu apa hari ini? Pertanyaan sama yang selalu dilontarkan putri sulung saya yang sedang belajar berpuasa. Ya, di usianya yang ke delapan tahun ini si Kakak sudah mulai berpuasa, alhamdulillah enggak pakai drama. Tapi ya gitu deh setiap hari tanya menu buka puasa, hehehe.

Kalau saya sih berbuka dengan kurma dan air putih saja sudah cukup tapi tidak dengan si Kakak. Dia pengen ngemil yang manis-manis setelah seharian menahan diri dari godaan si adek yang tidak puasa. Kebetulan suami saya hobi sekali bikin camilan sehat dan anak-anak selalu suka (eggak pernah menolak deh pokoknya), lumayan lah daripada jajan di luar. Saya pun enggak perlu capek-capek mikir donk mau bikin menu buka puasa apa buat si kakak.


cara-membuat-bolu-kukus-coklat


Camilan yang paling sering dibikin oleh suami saya adalah bolu kukus selain pancake dan es campur. Mungkin karena ketiga camilan itu mudah ya, etapi bikin roti bolu enggak gampang lho saya aja sering gagal. Hahaha. Itulah mengapa saya malas mencoba lagi karena sering gagal, hiks. Gak tahu kenapa suami saya kok hampir selalu berhasil dan empuknya pas. Enggak kalah dengan dengan queen apple, hehehe.

Apalagi saya baru terima mixer baru dari Cosmos, wah makin semangat aja nih ayah bikin kue buat camilan buka puasa. Kebetulan saya belum punya mixer jadi daripada beli baju baru mending beli mixer baru aja, wkwkwk.

Kenalan dulu yuk dengan mixer baru saya!

Mixer Cosmos CM-1579

Bicara soal mixer, saya jadi ingat nenek saya dulu kalau bikin kue dengan alat pengaduk berbentuk spiral dan gagang kayu. Kok kayaknya capek banget lihatnya sehingga membuat saya tidak tertarik membuat kue, wkwkwk, dasar anak-anak ya.

Nah, teman-teman yang hobi bikin kue biasanya punya nih alat mekanis yang diciptakan untuk mencampur adonan bernama mixer. Alat ini dapat mencampur semua bahan dengan cepat dan rata, lumayan lah bisa hemat tenaga dan waktu daripada mengaduk secara manual, ye kan?

Lalu, kenapa saya memilih mixer Cosmos?

Selain berkualitas mixer Cosmos juga lebih ramah kantong, murmer euy. Saya memilih hand mixer Cosmos CM-1579 karena saya juga memperhatikan efektivitas penggunaannya. Meskipun mupeng banget dengan stand mixer, saya tetap beli hand mixer karena toh saya hanya sesekali saja bikin kue.

cara-membuat-bolu-kukus-coklat
sumber: cosmos.id

Alasan lain saya memilih hand mixer adalah bobotnya ringan sehingga mudah dipindahkan, ukurannya kecil dan hemat tempat, serta mudah dibersihkan. Saya hanya membutuhkan mixer untuk mengocok putih telur, mentega, krim kental, dan bahan cair lain yang lebih ringan sehingga enggak butuh stand mixer yang tentunya dibutuhkan untuk kapasitas besar.

Lalu mengapa saya pilih hand mixer Cosmos CM-1579? Berikut alasannya!

cara-membuat-bolu-kukus-coklat
kelebihan hand mixer Cosmos CM-1579

Desain Ergonomis

Cosmos CM-1579 memiliki desain ergonomis yang memungkinkan pengguna untuk mengganti level kecepatan putaran dengan sebelah tangan, jadi cukup satu jari untuk beranti level kecepatan.

Tombol Turbo dengan 5 Level Kecepatan

Alat pencampur ini juga dilengkapi dengan tombol turbo yang mudah dijangkau dan 5 level kecepatan untuk hasil tekstur yang sempurna. Turbo knop yang dimiliki CM-1579 dapat menghaluskan adonan lebih cepat.

Dilengkapi Thermostat 

Tidak perlu khawatir suhu motor akan melalui batas ya karena Cosmos CM-1579 memiliki system thermostat overheat protection yang akan memutus aliran listrik secara otomatis jika terjadi overheat.

Dilengkapi Tombol Eject 

Begitu juga dengan melepas pengaduk dan pengocok adonan, Cosmos CM-1579 dapat melakukannya dengan mudah dan aman karena dilengkapi tombol eject.

Dilengkapi Pengaduk dan Pengocok Adonan

Cosmos CM-1579 juga dilengkapi dengan dua pengaduk dan dua pengocok berbahan stainless steel sehingga lebih kuat dan mantap. Ada containernya juga untuk menyimpan beater (pengocok) setelah dibersihkan. Lebih praktis dan higienis, kan?

Mudah Diberdirikan

Fungsi tambahan lain yang dimiliki produk ini adalah bisa diberdirikan sehingga lebih praktis. Misalnya pas bikin kue harus berhenti mengaduk adonan atau hal lain, tinggal berdirikan aja mixernya sehingga beater tidak menyentuh permukaan meja.



cara-membuat-bolu-kukus-coklat


Nah, itu dia mixer baru saya Cosmos CM-1579 beserta pesifikasinya. Sekarang, intip yuk cara membuat roti bolu kukus coklat ala suami saya. Bahannya sangat sederhana dan tanpa pengawet atau pengempuk lho. Cukup pakai hand mixer Cosmos CM-1579 aja dan hasilnya sangat memuaskan.

Oiya, teman-teman bisa banget memiliki Mixer Cosmos CM-1579 dengan membelinya di toko online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau Shophee (official store Cosmos). Atau bisa juga mengunjungi website Cosmos di www.cosmos.id

Cara Membuat Bolu Kukus Coklat 

cara-membuat-bolu-kukus-coklat

Entah sudah berapa kali suami saya membuat bolu kukus sehingga hasilnya udah jarang bantet dan hampir tidak pernah gagal. Beliau juga enggap pernah menimbang bahan-bahannya, hanya pakai takaran gelas dan feeling, hehehe.

Bahan
1 gelas (200ml) Tepung terigu (kami menggunakan tepung cakra kembar)
2 sendok bubuk coklat
· Campurkan tepung terigu dan bubuk coklat sambil diayak
1 gelas (200 ml) Gula pasir (tingginya sama dengan tepung)
1 gelas (200 ml) telor / 4 telor
½ bungkus margarine 200gr

cara-membuat-bolu-kukus-coklat


Cara membuat

  1. Panaskan dahulu panci kukusan dan lapisi tutup panci dengan kain bersih agar uang air tidak menetes ke adonan
  2. Olesi loyang dengan margarine dan taburi sedikit tepung, sisihkan
  3. Cairkan margarin dan sisihkan agar saat dicampurkan ke adonan dalam keadaan dingin
  4. Mixer dengan kecepatan level 4 (gunakan pengocok) telor dan gula pasir hingga mengembang putih berjejak
  5. Ganti pengocok dengan pengaduk lalu tambahkan tepung terigu dan bubuk cokelat ke dalam adonan, masukkan secara perlahan sambil dimixer (kecepatan rendah/1)
  6. Lalu tuangkan margarin dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna
  7. Tuang adonan ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit dengan api kecil. Jangan dibuka sebelum 30 menit ya.  Setelah itu lakukan tes tusuk, jika sudah tidak lengket berarti sudah matang dan siap disajikan.
Itu dia cara membuat bolu kukus coklat simple ala suami saya. Memang rasanya tidak wangi karena tidak pakai vanili, tapi alhamdulillah juga tidak amis karena telur dimixer hingga sempurna. Apalagi bikinnya pakai mixer Cosmos CM-1579 yang hasilnya bikin puas, hehehe. Makin #banggaCosmos deh saya.

Post a Comment

7 Comments

  1. wah menarik ya mbak produk mixernya, walau hand mixer tapi ada container penyimpan kocokannya. keren ini inovasinya

    ReplyDelete
  2. Asyik ... Punya teman senasib yang nggak jago bikin kue, wkwkwk ... Tapi jadi ngiri nih karena sekarang malah udah berhasil bikin bolu kukus. Kayaknya aku butuh mixer Cosmos juga nih biar nggak cuma ngeces lihat tampilan bolunya. Nanti aku nyontek ya, Mbak ... Hihihi ...

    ReplyDelete
  3. Mmm, bolu kukusnya keliatan yummy banget. Btw, tadi nggak salah baca, ya
    "Resep bolu kukus ala suami saya"
    Wah, pak suami keren banget bisa bikin masakan sekelas bolu.

    ReplyDelete
  4. Wah mixernya keren ya mba. Lengkap printilannya. Hmm jd tertarik bikin bolu nih...

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik dengan kontainer penyimpanannya, keren banget. Bikin produk ini terlihat beda dan keren, tentunya. Selain itu, mikser juga bisa lebih rapi dan awet karena mempunyai penyimpanan tersendiri.

    ReplyDelete
  6. Bolu kukus cokelat...hmmm sepertinya enak, apalagi diolah dengan mixer baru, wow

    ReplyDelete
  7. salah satu sukses tidaknya saat membuat kue adalah perlatan yang dipakai untuk mengolahnya. Dengan memakai mixer berkualitas seperti Cosmos CM-1579 , Insya Allah hasilnya bisa bagus

    ReplyDelete