Senin, Mei 29, 2017

Ngeblog Bikin Hidup Lebih Hidup, Caranya?



Berbicara tentang Live To The Max, saya jadi ingat akan hobi ngeblog yang saya dalami sejak akhir tahun 2006. Ya, sejak itu saya keranjingan menulis di blog. Awalnya saya iseng-iseng mengirimkan liputan ke Harian Surya dan dimuat dengan judul “Jika Emak Menulis”. Saya pun berkali-kali mengirimkan karya ke koran lokal tersebut dan sering dimuat. Untuk membuat portofolio, saya memilih mengabadikannya di blog. Akhirnya tidak hanya untuk mengumpulkan tulisan yang terbit di koran, saya jadi ketagihan menghiasi blog dengan tulisan saya. Hari-hari saya lebih semangat saat banyak yang membaca tulisan saya, ngeblog bikin hidup lebih hidup.

Sebagai ibu rumah tangga yang juga pengajar di madrasah tsanawiyah swasta, ada tantangan tersendiri saat memilih menjadi blogger. Saya suka dengan tantangan baru dan memiliki blog membuat saya tertantang untuk bisa sharing pengalaman dengan banyak orang, mengabadikan tulisan saya, memiliki prestasi melalui blog, dan menjadikan blog sebagai sebuah bisnis. Suka ngiler juga melihat teman-teman blogger yang bisa menghasilkan uang dari sebuah blog.

Alhamdulillah, tak ada usaha yang sia-sia. Saat ini saya sudah bisa menghasilkan uang dari blog yang saya miliki, meski belum seberapa dibandingkan mastah-mastah yang saya kenal. Tapi, perlu diketahui jika menjadi blogger juga ada suka dukanya.

Kebahagiaan Tersendiri Menjadi Blogger

1. Sharing Pengalaman

Jangan pelit ah, nanti jadi susah cari informasi. Itulah prinsip saya, semakin banyak memberi akan mudah mencari pertolongan. Nah, dengan berbagi pengalaman melalui blog, saya berharap dapat menemukan solusi dengan mudah saat mendapatkan kesulitan di kemudian hari. Beberapa pengalaman saya tulis diblog, seperti menangani anak mogok makantravelling ke Predator Fun Park, makan ayam suwir pedas bernama baraci, tour ke Hotel Zam-Zam, dan masih banyak lagi yang bisa dilihat pada tulisan saya sebelumnya.

2. Banyak Teman

Serunya bergabung dengan komunitas blogger

Senang rasanya bisa kenal banyak teman blogger meskipun sebagian hanya melalui dunia maya. Mereka semua seru, kompak, dan tidak pelit ilmu ataupun informasi. Jaringan pertemanan saya pun meningkat. Asyiknya lagi bisa ngobrol dengan teman yang punya hobi sama, ngeblog. Teman yang beragam namun dapat menciptakan silaturahmi yang erat dan kompak. Baca deh Tanpa Internet Keberagaman MC tiada Henti, yang menceritakan komunitas blogger yang saya ikuti.

3. Meraih Prestasi dan Prasasti

Tulisan pertama saya di Harian Surya

Banyak lomba yang digelar dengan menuliskannya di blog. Jadi, bukan sekedar sharing informasi aja. Meskipun tidak mudah untuk bisa menjadi juara, dengan kerja keras pasti prestasi dapat diraih. Selain itu kita juga bisa punya prasasti dalam bentuk blog, tempat mengukir setiap kata. Bayangkan puluhan tahun setelah kita tiada namun blog kita masih dibaca orang dan bermanfaat, semacam prasasti tempat menuliskan sejarah kehidupan blogger.

4. Menghilangkan Stress

Ada rasa senang saat orang lain membaca dan meninggalkan komentar di postingan blog. Selain itu, ada kebahagiaan tersendiri saat kita bisa membantu orang melalui tulisan kita di blog. Apalagi jika pembaca secara terang-terangan mengucapkan “terima kasih” karena tulisan kita berpengaruh langsung. Wah… serasa terbang di atas awan saking senangnya. Bisa jadi rasa senang dan bahagia itulah yang menyingkirkan stress pada diri saya.

5. Dilirik Brand untuk Kerjasama

Meskipun hal ini belum saya rasakan, tapi banyak teman-teman blogger yang telah bekerja sama dengan brand ternama. Itu karena mereka konsisten menulis di blog atau bisa dibilang blogger professional. Jadi, kaya dari blog bukan sekedar mimpi.

Duka Blogger yang Saya Rasakan

1. Family Time Berkurang

Saat memutuskan untuk menjadi blogger, saya tahu bahwa salah satu resiko yang harus saya tanggung adalah berkurangnya waktu untuk keluarga. Hal itu karena saya orang yang sulit mengatur waktu sehingga family time sering menjadi korban. So, harus pandai-pandai mengatur waktu.

2. Baper saat Tidak Ada Komentar

Kedukaan lainnya adalah saat artikel kita nihil komentar dari pembaca. Itu berarti artikel kita kurang bermutu, bukan? Bisa jadi karena tidak pernah komen pada blog orang. Jadi, jika ingin tulisan kita dikomentari orang lain harus rajin-rajin berkunjung ke blog orang lain (istilahya blog walking/BW). Selain itu bisa dicoba dengan share tulisan kita ke sosial media agar dapat terdeteksi orang lain. Mungkin teman-teman bisa membaca 5 Alasan Mengapa Harus Mengirim Artikel ke Vivalog

3. Kehabisan Ide untuk Tulisan

Tak jarang penulis terjangkit writer block, kebuntuan ide. Kalau sudah kehabisan ide biasanya saya akan berhenti menulis dan banyak-banyak membaca. Berharap ide muncul saat pikiran lebih fresh. Biasanya saya juga nonton film untuk menelorkan ide, baca disini deh.

4. Tak Bisa Menghindari Sakit

Manusia mana yang bisa menghindari sakit? Termasuk blogger, apalagi yang merangkap sebagai ibu rumah tangga dan juga guru. Saya membutuhkan daya tahan tubuh yang prima agar bisa bertahan karena banyaknya aktivitas. Membagi waktu antara pekerjaan domestik, tugas kantor, dan menulis. Belum lagi jika tergiur dengan hadiah lomba menulis, maka harus begadang untuk mengejar date line.

Blogger Juga Manusia, Tak Bisa Menghindari Sakit

Tubuh yang sehat adalah hal yang paling berharga dalam hidup. Tapi kita juga tidak bisa menghindari sakit. Selain menurunnya daya tahan tubuh akibat kekurangan multivitamin, sakit juga merupakan kehendak yang Maha Kuasa. Tapi tak ada salahnya untuk selalu berusaha menjaga kesehatan meskipun pada akhirnya semua kita serahkan kepada-Nya.

Sebagai ibu rumah tangga yang harus bekerja di luar rumah dan juga seorang blogger, saya membutuhkan tenaga ekstra dan stamina yang kuat. Mulai dari bangun pagi lalu mengerjakan pekerjaan rumah, baik sebagai ibu maupun istri. Selanjutnya pergi ke kantor dan melaksanakan tugas mengajar, dilanjutkan dengan menuangkan isi pikiran dalam sebuah blog pada malam hari. Membuat energi saya terkuras dan tak jarang jatuh sakit.

Tubuh manusia bukanlah mesin, sepandai apapun mengatur waktu dan sebanyak apapun makanan sehat yang kita konsumsi, tetap saja membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Kekurangan waktu istirahat dan minimnya asupan nutrisi, membuat saya sering sakit (tidak pernah sampai parah, sih..). Bersyukur sekali saya menemukan Theragran-M di blog teman. Saya baca sekilas dan tertarik untuk mencoba memenuhi vitamin dan mineral harian saya melalui suplemen.
 
Theragran-M menunjang aktivitas harianku


Theragran-M mengandung kombinasi multivitamin (vit A, vit B, vit C, vit D, vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) yang terbukti meningkatkan, mengembalikan, dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan. Suplemen ini telah diresepkan oleh para dokter sejak tahun 1976 (sudah 40 tahunan ya… waaah terpercaya donk ya!).

Saya pun mencoba menggunakan Theragran-M untuk mendukung daya tahan tubuh agar maksimal, terlebih jika saya sedang menjalani masa pemulihan sehabis sakit. Recommended banget nih sebagai Vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Bentuknya kaplet merah tua dan dosisnya 1 tablet sehari.

Bentuk kapsul salut Theragran-M
Asal tahu saja ya (sebagai informasi) Theragran-M diproduksi oleh PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia, Tbk. yang terletak di Jl. Raya Bogor, Cimanggis-Depok (kirain Taisho ini perusahaan Jepang, ternyata pusatnya aja di Jepang). PT. Taisho Pharmaceutical memiliki motto meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya kesehatan dan kecantikan melalui produk berkualitas.

Foto sumber: taisho.co.id

Kandungan Vitamin dan Mineral dalam Theragran-M

Oleh karena mengandung bermacam vitamin dan mineral, Theragran-M berfungsi sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Coba deh lihat kandungan vitamin dan mineral dalam Theragran-M yang saya dapatkan infonya dari websitenya.


1. Magnesium

Berperan dalam proses mineralisasi tulang, metabolisme tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan depresi. Biasanya ditandai dengan  nyeri dan kram otot, mudah lelah, migrain, kejang, jantung berdebar, kurang nafsu makan, anoreksia, tremor, hingga kehilangan berat badan.

2. Zinc

Berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka serta membantu regulasi sel tubuh maupun sistem saraf. Defisiensi Zinc menyebabkan gangguan pertumbuhan, gangguan seksual dan kematangan tulang, diare, kebotakan, gangguan nafsu makan. Kandungan Zinc tertinggi dapat ditemukan pada sereal serta daging merah.

3. Vitamin A

Vitamin A (Retinol) dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh manusia untuk menjaga fungsi normal sistem penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel dan organ tubuh, memelihara sistem reproduksi, serta menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin A menyebabkan rabun senja. Hati-hati karena ternyata vitamin A juga menyebabkan keracunan karena larut lemak dan tersimpan dalam organ hati terlalu lama, gejalanya adalah kerusakan hati, ketidaknormalan tulang, sendi sakit, dan kebotakan.

 4. Vitamin B

  • Vitamin B1 (Thiamin) berperan sebagai koenzim dalam proses metabolisme serta memiliki fungsi penting pada sistem saraf.
  • Vitamin B2 (Riboflavin) untuk mengatasi kekurangan Vitamin B2 berupa sakit tenggorokan, edema pada faring, keilosis, lesi pada sudut bibir, mulut maupun lidah, serta kondisi dermatitis.
  • Vitamin B3 (Niacinamide) untuk mencegah kekurangan Vitamin B3 (Niacinamide) yang merupakan ko-substrat/ koenzim pada sejumlah proses metabolisme, ditandai dengan 3D yakni Dermatitis, Dementia dan Diare.
  • Vitamin B5 (Pantothenate) untuk mencegah sindrom kaki terbakar (mati rasa), nyeri berkepanjangan, mood yang tidak stabil, insomnia, anemia, anoreksia, konstipasi, muntah, kontraksi otot dan kulit yang tidak normal (termasuk manifestasi jerawat).
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) memiliki manfaat pada metabolisme tubuh dan juga berperan dalam pengaturan hormone steroid.
  • Vitamin B12 (Cyanocobalamin) mencegah anemia dan proses degenerasi spinal.

5. Vitamin C

Berperan dalam proses metabolisme tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Selain itu juga membantu pertumbuhan dan pemulihan tubuh.

6. Vitamin D

Untuk mengembalikan kadar kalsium dan fosfat tubuh ke level normal, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

7. Vitamin E

Sebagai anti oksidan dari serangan radikal bebas. 

8. Mineral Penting Lainnya



  • Zat Besi berfungsi membawa oksigen ke seluruh organ tubuh sehingga berperan dalam pembentukan energi didalam sel tubuh serta pembuatan hemoglobin (darah), sehingga badan tidak mudah lelah.
  • Tembaga berperan dalam proses metabolisme, menjaga kesehatan kardiovaskular, tulang, saraf otot, dan pembuluh darah, serta penyerapan zat besi. Tembaga bersama zat besi membantu sistem pernapasan dan sintesis hemoglobin. Selain itu, Tembaga juga berperan dalam menghasilkan pigmen melanin bagi kulit, rambut dan mata.
  • Mangan adalah mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kecil. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu penyerapan vitamin dan membantu fungsi hati.
  • Iodium merupakan komponen penting pada hormon tiroid yang berperan dalam regulasi pertumbuhan serta aktivitas sel Iodium.

  • Setelah tahu kandungan vitamin dan mineral dalam Theragran-M, saya jadi berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan produk berbahan dasar susu atau yang mengandung kalsium, seperti yogurt dan keju. Agar penyerapan bahan-bahan yang terkandung dalam multivitamin bisa lebih maksimal. Tapi sebelum mengonsumsinya saya browsing dulu keamanan penggunaan produk multivitamin ini, karena di kemasan juga ada tulisan "sesuai petunjuk dokter".

    Apa gak takut kenapa-napa karena konsumsi miltivitamin tanpa resep dokter? Ah gak apa-apa kok, karena saya konsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan. Lagipula mengonsumsi vitamin atau mineral terlalu berlebihan dapat menyebabkan kekurangan vitamin atau mineral yang lain. Misalnya terlalu banyak suplemen yang mengandung Mangan menyebabkan defisiensi zat besi, tentu saja imbasnya pada tubuh.

    Pada kemasan Theragran-M juga ada lingkaran biru yang mengindikasikan bahwa obat ini dijual bebas di pasaran namun terbatas. Meskipun dapat dibeli secara bebas tetap harus dibaca petunjuk penggunaannya ya! Nah, intinya nih Theragran-M berfungsi sebagai vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan, jadi dikonsumsi setelah masa sakit dan dalam masa pemulihan, untuk mengembalikan kondisi tubuh. Produk lain dari PT.Taisho adalah Tempra obat penurun panas dan Counterpain salep pereda nyeri.

    Produk dari PT. Taisho Pharmaceutical

    7 Kunci Emas Hidup Sehat

    Kembali pada hobi ngeblog, selain menjaga daya tahan tubuh saya juga mencoba menerapkan tujuh kunci emas hidup sehat dari Dr. Shinya (penulis buku Keajaiban Enzym).
    1. Menerapkan menu makan yang baik, terdiri dari 85%-90% makanan nabati dan 10%-15% protein hewani. Lalu menggunakan makanan tambahan dalam menu makanan, seperti teh herbal, bee pollen, tablet rumput laut, dan suplemen enzim. Lebih baik lagi untuk membatasi makanan dari produk susu, kopi, makanan manis, nikotin, alkohol, dan minyak/lemak. 
    2. Mengonsumsi air mineral atau air sadah setidaknya 6-10 gelas setiap hari.
    3. Memulai kebiasaan harian untuk buang air besar secara teratur dan tidak pernah menggunakan obat pencahar. Apalagi saya punya riwayat ambeien jadi tidak boleh sampai sembelit.
    4. Olahraga secukupnya sesuai usia dan kondisi fisik. Sudah usia kepala tiga nih, kalau tidak olahraga makin buncit aja perut.
    5. Istirahat yang cukup dengan tidur malam setidaknya 6-8 jam tanpa terputus.
    6. Bermeditasi dan berpikiran positif, serta mengatur pernafasan misalnya dengan tidak memakai pakaian ketat.
    7. Hidup dengan penuh gairah, menghadapi pekerjaan dan orang-orang yang dicintai dengan sepenuh hati. Jangan lupa menyanyi dan tertawa agar terjadi keajaiban. Biasanya saya gunakan aplikasi karaoke dengan android, lumayan bikin otak fresh 
    Pastinya, dengan tubuh sehat menjalankan hobi ngeblog lebih asyik dan menyenangkan. Sebagai momblogger yang cukup aktif mengikuti berbagai kegiatan, seperti peluncuran produk, nonton bareng, dan juga menjadi pengajar di madrasah, tentunya membutuhkan stamina prima. Multivitamin menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh, karena menjadi blogger bikin hidup lebih hidup. Terima kasih Theragran-M yang telah membantu saya memulihkan kondisi tubuh setelah sakit dengan lebih cepat.

    Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

    60 komentar :

    1. Ngeblog emang banyak manfaatnya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Saya bersyukur digariskan Allah menjadi blogger. Namun emang bener, tetep harus bisa membagi waktu dan jaga kesehatan agar ngeblognya tetep asyik. Goodluck buat lombanya Mbak.

      BalasHapus
      Balasan
      1. tnx mbak, iya nih harus bisa jaga waktu

        Hapus
    2. Sama..saya juga baper kalau g ada yang komen..heheh

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha.. sama aja ternyata ya mbak

        Hapus
    3. Aaaaak, walaupun PV postingan agak gendut, aku juga sedih kalo yang komen di blog ku dikit. Hehehehe.... goog luck ya mbak ngontesnya.

      BalasHapus
    4. aku juga jadi suka nulis di blog, ada aja yg suka email utk diskusi, sepertinya pengalamanku jd bermanfaat utk org lain.

      Wah aku tertarik sama TheragranM nih kayanya cocok buat diriku yg sering capek

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah, asyik dong mbak sampai ada yg ngajak diskusi...keren tuh

        Hapus
    5. Duuh, tadi udah komen trus gagal. Btw baper emang ya kalau ga ada yg komen. Sayangnya sekarang yg komen jarang yg benar2 karena artikelnya ya, lebih karena kewajiban BW *ehhh. Hahaha.

      BalasHapus
    6. Yupppsss bener mbaaa, ngeblog itu seruuu, menuangkan isi kepala dan berbagi apa yang dialami. Sehat sehat terus ya kitaa, supaya bisa berbagi lebih banyak. Aaamiinn ^_^

      BalasHapus
      Balasan
      1. amiin... minum multivitamin mbak kalau perlu untuk jaga kesehatan

        Hapus
    7. Aku perlu minum ini juga nih mbak, secara jadi ibu rumah tangga yg kerjaannya gak ada habisnya, mengasuh dua balita yg aktif2nya plus jd blogger butuh dopping buat jga daya tahan tubuh

      BalasHapus
    8. Mantap.. tulisannya ada masuk koran mbak..

      Eh kok ada foto mas ihwan.... Dasar dia ada dimana-mana ��

      Aku juga harus jaga kondisi nih, ngeblog terus bikin lupa waktu

      BalasHapus
      Balasan
      1. Udah keranjingan ngeblog sih ya,jadinya sampai lupa waktu

        Hapus
    9. Hehehe.. betul Mbak. Blogger juga manusia.Yang bisa sakit karena segala aktivitasnya. Beruntung sekarang ada theragran, ya ... yang bisa menjaga stamina kita semua. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak,udah banyak multivitamin sekarang yg bs jaga kesehatan kita,salah satunya theragran

        Hapus
    10. cocok nih theragran..diminum saat puasa...

      BalasHapus
      Balasan
      1. apalagi kalau habis sakit mbak

        Hapus
    11. Wah, kebetulan lagi ga enak badn juga nih.
      Udah seminggu lebih flu ga sembuh-sembuh...
      T_T

      BalasHapus
      Balasan
      1. segera konsumsi buah dansayur mas, kalau perlu minum Theragran-M

        Hapus
    12. Aku adalah salah satu pembaca setia bunda. Jadi jangan baper ya klo ga ada komentar hihihi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hihihi...Alhamdulillah...makasih bunda

        Hapus
    13. Aku gak baper sih kalau gak ada yang komen, soalnya sadar diri aku juga jarang BW ke blog lain, :D

      Gara-gara ngeblog malah family timeku lebih banyak. Dulu masih ngantor.. pas suami sibuk, aku sibuk jadi jarang ada waktu buat sekedar ngobrol.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Eh tergantung pekerjaan sih mbakya,kalau ngeblog tapi gak ngantor jadi bisa di rumah terus ya

        Hapus
    14. Jadi blogger sungguh menyenangkan. Banyak manfaat yang bisa didapat. Kalau sakit badan dan sakit hati karena ngeblog, kita sudah tahu apa obatnya :) Terus semangat berbagi kebaikan mbak. Sehat2 selalu ya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Amiin, iya mbak, bisa berbagi kebaikan pada sesama ya

        Hapus
    15. Jadi seorang blogger juga harus tetap bisa jaga kesehatan ya, Mba. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, tentu kesibukannya lebih banyak dan itu semua harus pintar membagi waktu :)

      Good luck lombanya ya, Mba. Semoga rezeki untuk menang :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya donk, biar bisa selamanya berbagi kebaikan. Amiin,makasih

        Hapus
    16. Ngeblog juga butuh stamina ya. Perlu nyetok juga nih buat jaga2...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apalagi pas puasa gini ya mbak, stamina kudu doble nih

        Hapus
    17. Aku juga minum ini, punya batita lsgi aktif-aktifnya suka mudah lelah. Perlu suplemen

      BalasHapus
      Balasan
      1. Biar tetap semangat ya mbak ngeblognya

        Hapus
    18. Penting banget nih ya Theragran buat kesehatan tubuh.
      aku belum coba. Passion ngeblog emang nyenengin ya mba.

      BalasHapus
    19. Beneeer setuju banget sama suka duka blog, semoga kita semua sehat selalu yaaa :)

      BalasHapus
    20. hahah berasa banget kalau sudah tidak ada bahan untuk ditulis sih...
      bund main ke blog saya juga ya Dongengtravel

      BalasHapus
    21. ya perlu viatmn ya untuk menunjang kesehatan kiat biar bisa ngeblog terus

      BalasHapus
    22. pastinya ngeblog bikin teman makin banyak :)

      BalasHapus
    23. ini aman gak mbak buat bumil? hehe
      btw, pengen juga ngirim tulisan ke harian surya...gimana caranya mba?

      BalasHapus
    24. Semangat menulis mbak, tambah cakep dan berkembang lebih baik nih tulisannya...

      BalasHapus
    25. nggak dapat komentar itu memang bikin galau ya mbaaaak. hiks. semangat

      BalasHapus
    26. Aku juga merasakan berkat ngeblog jadi punya sahabat baru yang menyenangkan mba :)

      BalasHapus
    27. Makasih artikel penyemangat ngeblog nih mak, sukses ya lombanyaaa semoga menang hehe

      BalasHapus
    28. Hahahaha., baper nggk ada komentar, aku juga sering gitu mbak. Tapi, aku mulai belajar untuk blog walking, semakin banyak kita BW ke blog orang, maka komentar akan datang sendirinya. Ya., kan mbak! Tapi selain itu, kelebihan yang seperti mbak sebutkan di atas, juga sedikit demi sedikit mulai aku rasakan sekarang. Terima kasih sharingnya ya mbak! Semoga menang lomba blognya!

      BalasHapus
    29. Kalau buat ibu menyusui bgaimana ya mbak? Sedang cari suplemen yang aman untuk busui nih.

      BalasHapus
    30. Keren mba,,, semangat tersebut ngeblog nya, kadang memang gk enak jg kok kita dan bw tp males bw balik spt punya hutang good luck y,,

      BalasHapus
    31. Tulisannya lengkap. Hihiii
      Hai mba. Emang ya kalau ngeblog waktu jadi tersita termasuk buat keluarga. Tapi pas lapang biasanya saya jadi rajin ngeblog juga

      BalasHapus
    32. aku juga bersyukur bisa gabung komunitas ngeblog. Dapat banyak ilmu di sana. Bikin terpacu buat menulis yang lebih baik

      BalasHapus
    33. Aku baru 2 tahun ini kembali fokus ngeblog, dan iya kaya menemukan kembali dunia yang hilang. Sampai-sampai mikir, kok bisa ya dulu itu males-malesan ngeblognya. Tapi rupanya karena sekarang banyak teman-teman di komunitas blogger yang bikin jadi lebih semangat.

      BalasHapus
    34. mantep ..mba..
      semoga menang ya..amiin

      BalasHapus
    35. Theragran lengkap ya kandungannya. Jadi ibu memang harus selalu fit nih. Pasti butuh supplement seperti ini.

      BalasHapus
    36. Betul Mbak... blogger juga manusia, yang bisa sakit. Oleh karena itu, kita tetap harus bisa jaga kesehatan, ya ...

      BalasHapus
    37. Langsung nyanyi..Blogger juga manusia, punya rasa punya hati, bisa sakiit jugaa...

      Huhiii aku ngakak yang baper ga ada komentar, makanya yuk bw2an biar ga baper asiiik...

      BalasHapus
    38. Wuidiihh kece pernah masuk koran tulisanya :D
      Hahahaha gak ada komen baper ya?
      Jd inget dulu mainan MP aku jg heran kok gk ada yg komen, ternyata dikasi tau sesama warga MP jg penyebabnya aku jarang BW, begitu BW banyak deh komennya haha

      BalasHapus
    39. baper kalau g ada komen itu sesuatu bangeeettt :)))

      BalasHapus
    40. Betul mbak saking asiknya ngeblog kadang kita tak menghiraukan alarm tubuh.

      BalasHapus
    41. Waaah makasih banyak atas informasi diatas yaaa mba! Jadi blogger memang ada senang dukanya. Ada kebahagiaan dan kenikmatan tersendiri yang bisa dirasa. By the way, tulisan diatas itu artikel advetorial ya mba? hueheuhehe

      willynana.blogspot.com

      BalasHapus
    42. yang susah itu kalo nggak punya ide atau kehabisan ide.. belum lagi kalau kerjaan utma lagi numpuk.. he.he..
      tulisannya keren Mbak Eni..
      blognya sudah sy follow.. follow balik blog saya yaaaa..
      matur nuwun..

      BalasHapus